Istilah blog sepertinya sudah tidak asing lagi di zaman serba teknologi saat ini. Banyak orang telah mulai membuat blog, baik sebatas hobi atau bahkan menjadikannya sebagai sumber penghasilan.
Antara blog, blogging dan blogger, ketiganya memiliki keterkaitan satu sama lain. Lalu, apa perbedaannya? Simak penjelasan perbedaannya di bawah ini ya!
Pengertian Blog
Blog adalah sebuah situs yang berisi konten berupa informasi, opini, pengalaman atau apapun yang dimuat oleh penulis/pemilik blog sebagai postingan pada sebuah halaman web.
Dilansir dari HubSpot, kata blog merupakan singkatan dari weblog. Web sendiri mengacu pada website, sedangkan log adalah catatan. Istilah weblog pertama kali digunakan pada tahun 1997 oleh Jorn Barger yang pada saat itu mendeskripsikan kegiatan yang dia lakukan di internet sebagai ‘logging the web’.
Pada tahun 1999, istilah weblog diperpendek menjadi blog oleh Peter Merholz, seorang programmer.
Blog merupakan wadah bagi penulis untuk berbagi pandangan dan karya mereka. Berbeda dengan website, blog bersifat lebih dinamis karena penulis blog biasanya selalu memperbarui postingan mereka secara berkala. Kontennya tidak terbatas pada tulisan, melainkan dapat juga berupa gambar, video, foto atau apapun yang ingin dimuat oleh penulis.
Dahulu, blog lebih digunakan untuk kalangan perorangan saja. Namun seiring dengan perkembangan teknologi internet, kini blog juga diminati oleh skala yang lebih besar. Banyak kalangan yang lebih luas, seperti organisasi dan perusahaan menggunakan blog sebagai media promosi, penyampaian informasi, dan lain-lain.
Jenis Blog
Jika dikategorikan berdasarkan tujuan dan fungsinya, terdapat dua jenis blog yaitu blog pribadi dan blog bisnis.
-
Blog Pribadi
Blog jenis ini ditujukan untuk kepentingan pribadi penulis. Biasanya untuk berbagi cerita, pengalaman, opini, portofolio, dan lain-lain. Blog pribadi sering disebut dengan catatan harian/diary dari pemilik blog dalam bentuk digital, yang bisa diakses siapapun secara online.
-
Blog Bisnis
Membuat blog ternyata tak hanya diperuntukkan untuk kepentingan pribadi saja. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, blog juga bisa dimanfaatkan untuk media promosi/mencari pasar secara online. Inilah peran blog bisnis untuk bisa menghasilkan traffic bagi website toko online atau perusahaan.
Karena sifatnya yang lebih dinamis, blog bisnis dapat menyajikan update konten secara rutin. Berbeda dengan website yang lebih bersifat statis dengan hanya menampilkan informasi produk saja. Itulah mengapa banyak perusahaan memilih membuat blog untuk melengkapi website sekaligus mendatangkan traffic ke dalamnya.
Struktur Blog
Saat ini sudah banyak perkembangan dalam blog dengan segala penambahan fitur dan widget di dalamnya. Namun secara general, blog biasanya memiliki struktur seperti berikut:
- Terdapat header di bagian atas blog dengan menu dan navigation bar
- Area utama pada bagian tengah dengan konten terbaru atau konten yang di-highlight
- Ada sidebar di sisi kanan atau kiri berisi profile pemilik blog, kalimat ajakan seperti untuk share ke media sosial (Call to Action)
- Footer yang berisi disclaimer atau informasi kontak blog
Manfaat Blog
Sebagai sebuah platform digital yang dapat diakses secara terbuka di internet, blog memiliki berbagai kegunaan baik bagi penulisnya atau bagi pembacanya. Berikut adalah beberapa manfaat dari sebuah blog:
1. Platform menyalurkan hobi
Bagi yang suka menulis, blog bisa menjadi media yang tepat untuk menyalurkan hobi. Di blog kamu bisa membagikan karya-karyamu ke khalayak luas.
Selain menulis, blog juga bisa jadi media penyaluran hobi lainnya kok. Misalnya fotografi, musik, film, desain, memasak, dan lain-lain. Kamu bisa membagikan karya-karya foto, musik, review film favorit, portofolio hasil desain grafis atau editing video, hingga resep masakan lewat blog.
2. Media berbagi informasi
Selain sebagai media penyalur hobi, blog juga tentu bisa dimanfaatkan untuk berbagi informasi. Kamu bisa membagikan info-info mengenai berbagai hal baik dalam topik yang spesifik atau general. Blog bisa digunakan seperti media publikasi yang praktis dan mudah.
3. Menunjukkan profesionalitas
Jika seseorang memiliki keahlian di bidang tertentu, mereka dapat menunjukkan sisi profesionalitasnya lewat blog pribadi. Rekam jejak digital saat ini memiliki pengaruh yang besar bagi tiap orang. Tunjukkan dengan konten-konten di blog yang berbobot dan bermanfaat bagi khalayak. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk branding.
4. Media berbisnis, promosi atau iklan
Saat ini blog banyak digunakan untuk berbisnis, sebagai media promosi atau juga menampilkan iklan. Terlebih bagi banyak perusahaan, blog dibuat sebagai salah satu cara mendatangkan trafik ke website. Blog dengan tujuan content marketing dapat mendatangkan pengunjung melalui kata kunci yang banyak dicari oleh konsumen.
5. Menghasilkan uang
Kamu bisa melakukan monetisasi pada blog jika blog tersebut sudah berkembang. Blog yang sudah berkembang harus selalu konsisten dalam membuat postingan dan tentunya sudah memiliki banyak pengunjung. Blog bisa menghasilkan uang dari layanan iklan, melakukan afiliasi marketing di blog, atau dengan melakukan penawaran jasa freelance sesuai dengan keahlian yang kamu miliki.
Apa itu Blogging?
Blogging adalah istilah untuk kegiatan menjalankan dan mengelola blog itu sendiri. Hal ini termasuk dalam proses melakukan penulisan, memposting, memberi link, dan membagikan konten dalam blog. Sampai saat ini blogging menjadi salah satu kegiatan untuk berbagi informasi, menuangkan ide dan karya hingga bisa menghasilkan rupiah lewat internet.
Supaya semakin banyak mendatangkan pengunjung, kamu perlu meningkatkan kualitas dalam blog. Misalnya, kamu bisa membuat konten yang memiliki ciri khas dibanding blog lain yang masih satu aliran dengan blog kamu. Cari ide-ide yang belum dilakukan oleh pesaing dan jadikan itu sebagai poin plus dari blogmu.
Definisi Blogger
Kamu sudah mengetahui pengertian blog dan blogging dari penjelasan sebelumnya. Sekarang, apa itu blogger?
Blogger adalah istilah bagi orang yang melakukan kegiatan blogging. Seorang blogger rutin mengisi blognya dengan konten-konten terbaru dan juga mengoptimasi blog tersebut agar lebih berkembang lagi.
Banyak blogger yang sudah mampu menghasilkan uang, meski tentu harus dilakukan dengan penuh ketekunan. Blog tidak bisa menghasilkan apa-apa dengan sendirinya, dan juga tidak bisa menghasilkan uang tanpa adanya pengunjung. Maka, hal terpenting lainnya selain konten adalah melakukan pemasaran blog untuk bisa mendapat uang dari blog.
Simpulan
Setelah membaca penjelasan di atas, kini kamu mengetahui perbedaan blog, blogging dan blogger. Jika kamu mau memulai membuat blog, pastikan untuk mengisi blog tersebut dengan hal-hal yang kamu sukai, agar kegiatan blogging semakin menyenangkan. Mana tahu, blog tersebut bisa menghasilkan uang nantinya!
Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya! Oh iya, pastikan untuk menggunakan layanan hosting website dari Dewaweb untuk membuat blog yang cepat, aman, dan dapat diandalkan. Salam sukses online!