Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english

Jiwa Wirausaha: Kunci Sukses Membangun Bisnis dengan Modal Berani Mencoba

Konten [Tampil]

“Ah.. aku sih nggak bakat jadi pelaku wirausaha”

“Nggak usah coba-coba buka usaha deh, emang nggak bakat bisnis udah..” 

Mungkin ucapan di atas pernah terlintas di benak Anda ketika ingin memulai bisnis. Apalagi, tidak memiliki jiwa wirausaha masih diyakini dapat menjadi hambatan dalam membangun bisnis. 

Ada kenyataan menarik bahwa 95 persen perusahaan di Indonesia ternyata merupakan bisnis keluarga. 

Artinya, beberapa wirausahawan mungkin mendapatkan warisan bakat kuat dari keluarga yang sudah sukses dengan bisnisnya. Bahkan, mereka jadi tak perlu mulai dari nol lagi.

Apakah benar semuanya begitu?

Tidak juga lho. Banyak pebisnis yang berhasil membangun jiwa wirausaha dan memiliki bisnis yang sukses seperti Nadiem Makarim dengan GoJek dan Ali Muharam dengan Makaroni Ngehe-nya. 

Jadi, benarkah wirausaha itu hanya tentang bakat? Lalu, adakah tipsnya menjadi pelaku wirausaha sukses bagi yang ingin mempelajarinya?

Tenang, Anda akan temukan jawabannya di artikel ini! Yuk baca sampai selesai ya!  

Jiwa Wirausaha, Bakat atau Skill? 

Apa Itu Jiwa Wirausaha?

Mari mulai dulu dengan memahami kata wirausaha. Antha Prerna dianggap sebagai asal dari kata wirausaha, yang berarti “motivasi diri”. Sedangkan, wirausahawan dalam bahasa Inggris adalah entrepreneur, yang berarti “risk-taker”. 

Jadi, bisa dikatakan bahwa pelaku wirausaha adalah orang yang berani mengambil risiko dengan tanggung jawab dan motivasi diri untuk menjadi sukses dalam bisnis. 

Jadi, wirausaha bukan melulu bakat?

Founder Institute, sebuah institusi pelatihan wirausaha, pernah melakukan penelitian dan menemukan bahwa jika seseorang memiliki DNA wirausaha, ia berpeluang sukses menjadi pelaku wirausaha. 

Selain itu, 61 persen wirausahawan percaya bahwa bakat sedari lahir akan mendukung kesuksesan wirausaha. Yang lain, menganggap bahwa jiwa wirausaha bisa didapatkan dari pelatihan atau pendidikan. 

Artinya.. jiwa wirausaha itu bisa dibentuk? 

Jawabannya, tentu saja bisa! 

Pelatihan mampu menciptakan karakter wirausaha sukses ke dalam diri seseorang dengan cara yang tepat. Bahkan, bentuk mentoringnya tidak harus formal.

Contohnya, Robert Herjavec, pemilik sebuah perusahaan IT security, Herjavec Group.

Suatu hari ketika melihat penjual hotdog di depan kantornya, bosnya mengatakan bahwa menjadi vendor yang memasok hot dog jauh lebih menjanjikan kesuksesan dibanding menjadi penjual hotdognya. 

Semenjak itu, Robert menyadari perlunya langkah besar untuk bisa scale up, terlepas dari kerja keras yang selama ini telah ia lakukan.

Pada akhirnya, ia memutuskan berhenti dari pekerjaannya sebagai karyawan perusahaan IT dan membangun usaha IT security sendiri.

Memiliki bakat dalam berwirausaha bisa menjadi modal yang baik. Namun, membangun mindset yang tepat dan karakter jiwa wirausaha juga tak kalah penting. 

Yuk Kenali 5+ Karakter Wirausaha Sukses!

Baik Anda merasa memiliki bakat wirausaha atau tidak, inilah karakter wirausaha sukses yang perlu Anda miliki agar berhasil membangun bisnis: 

1. Disiplin 

Disiplin adalah Salah Satu Karakteristik Wirausaha Sukses

Pelaku wirausaha yang sukses selalu memiliki disiplin yang tinggi. Salah satunya, disiplin waktu. Bagaimana mungkin bisa menjalankan bisnis dengan baik jika rencananya selalu ditunda-tunda, ya? 

Nah, pelatih wirausaha, Bill Aulet, dalam bukunya, Discipline Entrepreneurship mengatakan bahwa eksekusi yang disiplinlah yang membuat seseorang bisa menjadi pengusaha yang sukses. 

Tak hanya perihal waktu, pelaku wirausaha sukses juga perlu disiplin dalam mengatur keuangan bisnisnya. Anda perlu memisahkan uang pribadi dan uang bisnis dengan tepat.

Meskipun bisnis Anda masih kecil, bukan berarti Anda bebas mencampur adukkan keduanya. Untuk itu, Anda harus membuat rincian anggaran dan catat setiap pengeluaran dengan detail dan konsisten. 

2. Kreatif 

Kreativitas dibutuhkan oleh seorang wirausahawan untuk dapat menciptakan produk yang menarik untuk dijual. 

Mungkin Anda pernah dengar kisah Agung Setia Budi, seorang difabel yang menyulap barang bekas menjadi kerajinan tangan beromset jutaan rupiah. Hasil kerajinannya berhasil menembus pasar global di Amerika.

Tak hanya untuk menciptakan produk bernilai jual, kreativitas juga dibutuhkan untuk memasarkan produk. 

Uwitan Bisnis Furniture Online yang Sukses Go Online

Aji, founder dari bisnis furniture Uwitan bisa menjadi contohnya. Peluang menjual produk furniture dari pabrik yang kelebihan stok terkendala tidak adanya toko untuk menjualnya. Akhirnya, ia menyulap garasi mobil rumahnya menjadi showroom. 

Karena garasi itu tak mampu menampung banyak pengunjung, ia langsung memutuskan berjualan online. Ternyata solusi ini cukup berhasil. 

Berbekal kreativitas untuk mengatasi masalah, bisnis furniturenya berkembang hingga menjangkau banyak pembeli dari mancanegara. 

3. Memiliki Passion 

Memiliki Passion sebagai salah satu jiwa wirausaha

Bingung mau memulai bisnis apa? Cobalah dari hal yang menjadi passion Anda! Ada banyak lho wirausaha yang sukses menjalankan bisnis dari hobi. 

Kusumo salah satunya. Pemilik Laku Pet Shop ini merintis usaha pakan hewan peliharaan karena memahami formula pakan yang tepat. Itu semua berkat kecintaannya pada burung dan pergaulannya dengan komunitas pecinta burung. 

Meskipun cukup berat menjalani bisnis kala pandemi, kecintaannya tersebut membuatnya bertahan dan berbuah manis ketika ia mulai menjalankannya secara online. 

4. Jeli Melihat Peluang

Kalau Anda ingin sukses berwirausaha, Anda perlu mengasah kejelian dalam melihat peluang. Dengan begitu, Anda jadi tahu bagaimana memenangkan persaingan pasar.

Hisbarudin salah satu pengrajin kayu yang jeli melihat peluang
Source: https://ift.tt/2jRsoYq

Melihat tren bersepeda di masyarakat, Hisbarudin, salah satu pengrajin kayu, membuat produk perlengkapan sepeda, seperti bike stand berbahan dasar kayu. Berkat kejeliannya melihat peluang, ia mampu menjual lebih dari 2000 produk setiap harinya. 

Anda juga bisa meniru kisah sukses Izzy, pendiri Mijek, ojek online di Mimika. Melihat kebutuhan transportasi yang tinggi di Mimika, Izzy meluncurkan Mijek dengan meniru strategi bisnis dan branding ojek online besar di Indonesia

Nah, untuk bisa menemukan peluang yang tepat, Anda perlu melakukan riset pasar dengan baik dulu, ya.  

5. Berani Mengambil Risiko 

“To win big, you sometimes have to take big risks.” – Bill Gates. 

Kutipan di atas sepertinya sangat cocok menggambarkan karakteristik wirausaha sukses: berani mengambil risiko. 

Dalam memulai bisnis, terkadang Anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan yang memiliki risiko tersendiri. Namun, tanpa keberanian itu, peluang sukses Anda mungkin hanya sekadar impian. 

Sikap itu ditunjukkan Fachrudin, seorang petugas cleaning service yang akhirnya sukses sebagai pemilik bisnis mainan. 

Fachrudin mantan tukang pel yang sukses bisnis mainan dengan berani mengambil risiko
Source: https://ift.tt/2nGS9tB

Dengan gaji pas-pasan dan kebutuhan keluarga yang semakin besar, Fachrudin memutuskan terjun berjualan mainan anak secara online. Namun, karena sekadar sampingan, penghasilannya juga tidak cukup banyak.

Hingga akhirnya, ia memilih resign dari pekerjaan yang telah digeluti selama 5 tahun agar bisa fokus berbisnis. Hasilnya, omset bisnisnya meningkat bahkan hingga miliaran rupiah. 

Namun, selalu perhitungkan risiko yang akan diambil ya. Sehingga Anda masih tetap bisa menjalankan bisnis meskipun ada kegagalan yang bisa saja ditemui. 

6. Mudah Beradaptasi 

Kondisi yang terus berubah mengharuskan pelaku wirausaha untuk mampu beradaptasi dengan baik. Jika tidak, bisnis yang dibangun bisa kalah bersaing dan ditinggalkan konsumen, apapun skala bisnis yang dimiliki. 

Pelajaran berharga bisa dipetik dari perjalanan Brian Chesky, founder dari Airbnb, perusahaan akomodasi internasional. Kondisi pandemi benar-benar mengguncang lini bisnisnya sehingga terpaksa merumahkan banyak karyawannya.

Namun, Airbnb mencoba bertahan. Salah satu strategi Brian saat itu adalah membayar ganti rugi pada pemilik rumah sewa yang komplain atas pembatalan pengunjung. Ini bertujuan untuk terus menjalin hubungan profesional yang baik. 

Selain itu, Brian juga mengubah pemasaran dari skala internasional menjadi fokus ke destinasi lokal. Ini tentu langkah adaptasi dari adanya pembatasan kegiatan selama pandemi. 

Tren Airbnb yang tetap positif walau pandemi

Hasilnya, di tengah dampak pandemi bagi bisnis akomodasi, tren pencarian akan Airbnb tetap positif. Bahkan, jauh lebih tinggi dari kompetitor mereka di bisnis akomodasi dalam setahun terakhir.

Wirausaha Zaman Now Belum Online? Pikirkan Lagi! 

Itulah karakter yang perlu dimiliki pelaku wirausaha. Apakah Anda sudah memiliki semua karakter tadi? Jika sudah, berarti hanya perlu mengasahnya saja. 

Kejelian Anda melihat peluang, misalnya, seharusnya membawa Anda pada pemahaman bahwa tren online tidak dapat dibendung. Artinya, kalau usaha yang Anda jalankan masih offline, Anda bisa kalah bersaing, lho.  

Nah, sebenarnya kenapa sih wirausaha zaman now harus go online?

1. Peluang Untung Lebih Besar

Sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia, hampir semua sektor beralih ke digital dan menawarkan kemudahan transaksi online. Bahkan, transaksi secara online meningkat hingga 400 persen

Selain itu, sudah lebih dari 300 ribu UMKM yang beralih ke online dan terbukti makin cuan.

Website Cottonology

Salah satu contohnya, brand fesyen pria asal Bandung, Cottonology. Meski industri fesyen terpengaruh pandemi, penjualan Cottonology justru meningkat hingga 60 persen

Rahasianya adalah mengeluarkan produk fesyen rumahan, seperti boxer dan kaos berbahan nyaman yang banyak dicari untuk bekerja dari rumah. Bukan hanya itu, mereka menggenjot pemasaran lewat platform online, baik itu e-commerce dan juga website.  

2. Menjangkau Pelanggan Lebih Luas 

81,6 persen pelaku wirausaha ternyata baru menjangkau sebatas lingkungan sekitar mereka saja. Hanya 3,9 persen yang mampu menjangkau mancanegara.

Dengan jangkauan pasar yang terbatas, potensi keuntungan tentu tidak bisa optimal. 

Pelaku wirausaha yang jeli tentu tak ragu untuk terjun ke dunia online untuk menjual produk. Apalagi saat ini perkembangan teknologi memudahkan hal tersebut. 

Cerita Ceppy, pemilik TanamanMart, yang mampu melakukan penjualan tanaman hingga ke seluruh Indonesia dan Asia bisa menjadi inspirasi Anda. 

Website TanamanMart

Bisnis bibit buah yang berskala kecil mampu menjadi bisnis besar dan menjangkau pasar internasional setelah dijalankan secara online.  

Apa rahasia TanamanMart menarik banyak pembeli? Websitenya terus muncul di halaman pertama hasil pencarian Google setiap orang mencari bibit buah. Hal ini berkat upaya optimasi SEO yang efektif untuk mendatangkan trafik.

Baca juga: Belajar SEO untuk Pemula [Terbaru]

3. Pemasaran Online lebih Efektif 

Anda masih ingin promosi bisnis lewat spanduk, poster? Sebaiknya, dipikirkan lagi deh. 

Sebab, biaya untuk iklan konvensional tersebut tidaklah sedikit. Ditambah lagi, Anda tidak bisa mengetahui jumlah orang yang membeli dari iklan tersebut. Sehingga sulit untuk mengukur efektivitasnya.  

Tak heran, banyak wirausaha yang mulai meninggalkan cara kuno tersebut. Sebagai gantinya, mereka mulai beralih menggunakan pemasaran online. 

Sudah tahu kan cerita Yoyok, penjual panci yang mampu meraup omzet miliaran rupiah per hari? Rahasianya, Yoyok memanfaatkan Facebook Ads untuk menjangkau pasar internasional. 

Yoyok penjual panci beromzet miliaran rupiah

Cukup dengan budget 100 ribu, 200 ribu, hingga satu juta, Yoyok bisa mendapat profit hingga berkali-kali lipat. 

Selain media sosial, banyak pilihan media pemasaran online yang  menjanjikan seperti Google Ads dan SEO. Kelebihannya, Anda bisa melihat berapa orang yang melihat iklan dan melakukan pembelian. Sehingga, Anda bisa mengevaluasi strategi promosi Anda sesuai dengan tujuan dan anggaran yang dimiliki. 

Menariknya lagi, Anda bisa mudah melakukan remarketing pada calon pelanggan yang pernah klik iklan tetapi belum melakukan pembelian. 

Baca juga: Belajar Digital Marketing untuk Pemula

4. Bisnis Mudah Ditemukan Kapan dan Di mana Saja 

Ketika Anda membuka toko offline, pelanggan hanya bisa mengunjungi toko di jam tertentu. Kalau Anda  buka selama 24 jam, tentu perlu ongkos operasional lebih banyak untuk listrik dan karyawan. 

Selain itu, konsumen toko offline tentu terbatas dari wilayah tertentu saja kan? 

Lain cerita kalau Anda memiliki toko online. Selain konsumen bisa mengunjungi toko Anda kapan saja, pembelinya pun bisa berasal dari berbagai daerah karena kemudahan belanja lewat laptop atau gadgetnya.  

Baca juga: Bisnis Online vs Bisnis Offline

Nah, untuk semakin menarik perhatian konsumen untuk berbelanja, jangan ragu untuk mengadakan promo ongkos kirim. Sebab, itulah yang paling ditunggu oleh konsumen dari berbagai daerah.

Website Men's Republic

Bisnis fesyen pria, Men’s Republic, adalah salah satu yang melakukannya. Selain memiliki gerai offline di Bandung, toko online yang dibangun berupaya untuk menjangkau konsumen dari seluruh Indonesia dengan kemudahan pengiriman dengan harga terjangkau.

Go Online dengan Website Adalah Pilihan Terbaik Berwirausaha

Untuk go online, ada tiga pilihan media yang bisa Anda pakai, yaitu marketplace, media sosial, dan juga website. 

Umumnya, media sosial dan marketplace banyak digunakan oleh pemula karena gratis dan mudah digunakan. Berjualan di marketplace masih dianggap menjanjikan. Padahal, Anda harus dihadapkan pada perang harga yang kurang menguntungkan.

Contohnya, jika Anda menjual produk sepatu yang juga dijual oleh penjual lain. 

Ketatnya persaingan pasar "sepatu olahraga" di Shopee

Karena merek dan kualitas yang ditawarkan sama, tentu pembeli akan memilih yang paling murah. Dengan kondisi tersebut Anda harus rela menjual produk dengan margin keuntungan yang kecil.

Itu kenapa, membangun  website toko online bisa menjadi pilihan terbaik. 

Sudah banyak kok wirausaha yang sudah sukses membangun bisnis dengan memanfaatkan peluang di marketplace dan juga website. Misalnya saja, Elira, brand sepatu lokal. 

Website toko online Elira

Awalnya, Budi Irawan, pemilik Elira hanya menjadi dropshipper sepatu di marketplace. Setelah dua tahun merintis bisnis dropship, ia memutuskan untuk membuat brand sepatu sendiri yang lebih berkualitas.

Merasa marketplace kurang fleksibel dalam branding dan administrasi pencatatan stok, Budi memutuskan untuk membuat website. Dengan website, Budi lebih diuntungkan karena bisa:

  • Menciptakan branding yang kuat – website tidak terikat aturan baik dari segi tampilan dan pengiriman seperti di marketplace. 
  • Membangun hubungan customer jangka panjang – Anda bisa mendapatkan data customer, seperti alamat email yang dapat digunakan untuk remarketing.
  • Mengelola bisnis lebih fleksibel  – Anda bisa lebih leluasa membuat administrasi bisnis sesuai kebutuhan yang tak didapatkan di marketplace. 
  • Memperkecil persaingan pasar  – website toko online Anda tidak akan berdampak pada ketatnya persaingan pasar di marketplace. 

Baca juga: Marketplace vs Toko Online: Mana yang Terbaik? 

Wujudkan Website Terbaik dengan Niagahoster!

Membuat website untuk bisnis itu mudah dan hasilnya cukup menjanjikan. Tapi, jangan asal-asalan, ya. 

Website yang sering bermasalah dan tak bisa diakses akan ditinggalkan pembeli. Akhirnya, Anda bisa kehilangan peluang mendapatkan untung. 

Hasil riset di Inggris bahkan menunjukkan bahwa akibat website yang buruk, penjual online kehilangan potensi penjualan hingga 10,6 miliar poundsterling.

Anda tentu tak ingin hal itu terjadi pada bisnis Anda, bukan? 

Oleh karena itu, pastikan website Anda memiliki performa baik dengan menggunakan layanan hosting yang bisa diandalkan. Salah satunya, Niagahoster.  

Kenapa layanan Niagahoster bisa menjadi pilihan terbaik untuk website bisnis Anda? 

1. Akses Website Lebih Stabil 

Niagahoster memberikan jaminan uptime hingga 99,98%. Artinya, website Anda akan lebih stabil dan bisa diakses dengan baik.  

Beberapa pengujian membuktikan bahwa performa tersebut dapat diandalkan. Salah satunya,  pengujian data uptime server Niagahoster yang dilakukan Penasihat Hosting, website review hosting terpercaya. 

Website Niagahoster Lebih Stabil

Dari pengujian yang dilakukan, hasilnya cukup positif termasuk ketika terjadi maintenance sekalipun. Performa ini dicapai berkat dukungan server berteknologi Green Data Center Tier-4 standar internasional

2. Loading Super Cepat 

Server Niagahoster juga didukung oleh server LiteSpeed yang merupakan web server tercepat yang menjamin loading website Anda bisa ngebut.

Bahkan dari pengujian terbaru, LiteSpeed mampu mengungguli performa server seperti Apache dan Nginx:

Server LiteSpeed membuat loading website lebih cepat

Kenapa kecepatan website penting bagi bisnis?

Alasannya, 53 persen pengguna akan meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik. Jadi, kalau loading website Anda lelet, pengunjung bisa saja pindah ke kompetitor. 

3. Aman dari Serangan Hacker 

Niagahoster menyediakan fitur keamanan Imunify360 untuk melindungi website Anda dari malware. Anda bisa mengaktifkan berbagai perlindungan mulai dari advanced firewall, malware detection, hingga patch management.

Hal ini penting mengingat aktivitas cyber crime terus meningkat.

Data terbaru menunjukkan bahwa di tahun 2019 saja sudah ada lebih dari 65 juta malware baru yang siap menyerang website siapa saja

Yang paling mengkhawatirkan, terutama bagi pebisnis adalah serangan malware diprediksi dapat menyebabkan kerugian hingga 6 triliun dollar

4. Bantuan Tim CS 24/7

Mengelola website itu mudah. Namun, bisa saja terjadi kendala yang perlu diatasi dengan tepat. 

Nah, jika layanan hosting yang Anda gunakan memiliki layanan customer service 24 jam seperti Niagahoster, masalah Anda tentu dapat diatasi dengan cepat. Apalagi channel komunikasi yang disediakan cukup lengkap, mulai live chat, email, hingga telepon. 

Sudah Siap Jadi Wirausaha Sukses? 

Menjadi pelaku wirausaha sukses itu bukan melulu perkara bakat. Terbukti banyak wirausaha sukses karena mampu memupuk jiwa wirausaha dan membangun bisnis dari nol. 

Kuncinya, teruslah asah skill dan tumbuhkan karakter wirausaha sukses dalam diri Anda.  

Jangan lupa, perhatikan tren bahwa wirausaha saat ini mulai beralih ke ranah online. Anda perlu sigap bukan hanya dalam membuat produk terbaik tapi juga platform bisnis yang tepat, yaitu website. 

Dengan website toko online cepat, aman dan mampu diakses 24 jam, bisnis Anda akan lebih mudah berkembang untuk jangka panjang. Oleh karena itu, penting untuk memilih layanan hosting yang bisa diandalkan seperti Niagahoster

Nah, Anda sudah tidak sabar ingin segera terjun berwirausaha dan mewujudkan website untuk bisnis Anda, kan?  

The post Jiwa Wirausaha: Kunci Sukses Membangun Bisnis dengan Modal Berani Mencoba appeared first on Niagahoster Blog.



source https://www.niagahoster.co.id/blog/jiwa-wirausaha/
أحدث أقدم

Comments

Featured Widget

close