Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english

Riset Keyword? Cek 11+ Keyword Tools Gratis Terbaik Ini!

Konten [Tampil]
Riset Keyword? Cek 11+ Keyword Tools Gratis Terbaik Ini!
Riset Keyword? Cek 11+ Keyword Tools Gratis Terbaik Ini!
Riset Keyword? Cek 11+ Keyword Tools Gratis Terbaik Ini!
Riset Keyword? Cek 11+ Keyword Tools Gratis Terbaik Ini!
Riset Keyword? Cek 11+ Keyword Tools Gratis Terbaik Ini!
Riset Keyword? Cek 11+ Keyword Tools Gratis Terbaik Ini!
Riset Keyword? Cek 11+ Keyword Tools Gratis Terbaik Ini!
Riset Keyword? Cek 11+ Keyword Tools Gratis Terbaik Ini!
Riset Keyword? Cek 11+ Keyword Tools Gratis Terbaik Ini!
Riset Keyword? Cek 11+ Keyword Tools Gratis Terbaik Ini!
Riset Keyword? Cek 11+ Keyword Tools Gratis Terbaik Ini!
Riset Keyword? Cek 11+ Keyword Tools Gratis Terbaik Ini!

Sebelum menentukan kata kunci yang tepat untuk sebuah artikel, riset keyword perlu dilakukan. Untungnya, saat ini sudah banyak keyword tools yang dapat membantu Anda melakukan riset lebih efektif.

Dengan keyword tool, Anda bisa menemukan kata kunci yang relevan dengan kebutuhan pembaca secara cepat.

Hasilnya, artikel Anda akan lebih mudah ditandai Google sebagai SEO Friendly, dan akan ditempatkan di peringkat atas hasil pencarian. Mau, kan?

Nah, Anda tak perlu bingung keyword tool mana yang akan digunakan, kami sudah merangkum keyword tools terbaik yang bisa Anda coba. 

11+ Keyword Tools Gratis Terbaik!

Sebuah keyword tools yang baik harus bisa membantu upaya SEO Anda, terutama untuk meningkatkan kualitas konten (On Page SEO).

Inilah rekomendasi 12 keyword tool yang memiliki kriteria tersebut:

Google search adalah keyword tool paling sederhana dan mudah digunakan. Kenapa demikian? 

Alasannya, Google Search mampu memberikan rekomendasi kata kunci terkait pencarian Anda secara instan.

Katakanlah Anda sedang mencari kata kunci “hosting Indonesia” di Google Search. Maka akan muncul dropdown beberapa kata kunci turunan seperti di bawah ini:

long tail keyword yang dihasilkan google search

Dengan melihat rekomendasi long tail keyword atau kata kunci turunan yang ditampilkan, Anda jadi tahu informasi apa yang sedang dibutuhkan dan paling banyak dicari oleh pengguna Google seputar topik tersebut. 

Inilah yang kemudian bisa Anda jadikan ide konten. 

Ada tips untuk Anda. Lakukanlah pencarian Google dengan mode incognito atau guest window. Tujuannya, agar hasil pencarian tetap akurat tanpa dipengaruhi riwayat pencarian Anda sebelumnya.

Baca juga: Ini 21+ Trik Google Search yang Mungkin Belum Anda Ketahui!

keyword tool gratis google trends

Google Trends adalah platform besutan Google yang cukup mumpuni untuk melakukan riset kata kunci. Tool riset keyword ini akan membantu Anda mengetahui trend pencarian di waktu tertentu.

Baik Anda seorang blogger, marketer, atau yang lainnya, Google Trend bisa membantu Anda mendapatkan kata kunci terbaik untuk konten Anda. Sebab, tool ini memiliki akses data yang didapat dari hasil pencarian real time Google. 

Platform ini merupakan salah satu keyword tool gratis yang banyak digunakan karena berbagai kelebihannya, yaitu:

  • Memiliki filter pencarian menurut wilayah
  • Menampilkan daftar topik yang sedang hangat
  • Menampilkan Perkembangan suatu topik dari tahun ke tahun
  • Memiliki fitur dan navigasi yang mudah digunakan
  • Memberikan kata kunci yang relevan dengan topik.
  • Dapat membandingkan beberapa kata kunci sekaligus.
  • Dapat menampilkan data keyword dari web, Google Image, Google News, Google Shopping, hingga YouTube.
statistik perbandingan keyword di google trends

Dengan keunggulan Google Trends di atas, Anda dapat mengukur mana keyword dengan tingkat pencarian yang tinggi atau cocok untuk wilayah tertentu. Selanjutnya, tinggal menentukan keyword mana yang akan digunakan.

Nah, jika Anda ingin mengeksplorasi platform ini lebih dalam, silakan cek → Cara Menggunakan Google Trends Termudah.

3. Google Keyword Planner

tool google keyword planner

Seperti halnya tool riset keyword dari Google lainnya, Google Keyword Planner bisa membantu Anda mendapatkan kata kunci yang tepat berkat data yang akurat dari Google. 

Bedanya, tool ini juga bisa mencari kata kunci untuk iklan sebagai bagian dari  layanan Google Ads

Artinya, tool ini cukup efektif untuk menargetkan kata kunci dengan  tujuan SEO di ranah organik, misalnya untuk membuat artikel blog. 

Di samping itu, tool ini juga mendukung riset keyword untuk bisnis. Misalnya, mencari keyword ads (iklan) yang mendukung conversion rate.

Di dalam Google Keyword Planner, terdapat dua fitur utama, yaitu Discover New Keywords dan Get Search Volume and Forecast

Dengan fitur Discover New Keywords, Anda dapat mencari hingga 10 kata kunci yang berhubungan sekaligus. Atau, bisa juga mencari kata kunci yang relevan dengan domain atau website Anda.

analisis keyword plan dari google keyword planner

Selain itu, Anda bisa tahu tingkat pencarian kata kunci sekaligus tingkat persaingannya untuk bisa menjadi nomor satu di hasil pencarian. 

Sedangkan ketika menggunakan fitur Get Search Volume and Forecast, Anda akan mendapatkan  informasi spesifik seputar paid search dan performa keyword. 

Dengan begitu, Anda dapat memetakan strategi keyword ads agar target dapat tercapai.

analisis data keyword ads

Berikut merupakan detail informasi yang akan Anda dapatkan di masing-masing fitur:

Discover New Keywords Get Search Volume and Forecast
Mencari keyword dengan dua cara, yaitu memasukkan keyword incaran dan alamat website. Berisi data perkiraan keyword dan metrik historis.
Berisi informasi dasar, seperti:
– Rata-rata pencarian kata kunci tiap bulan.
– Tingkat kompetisi atau kesulitan untuk mencapai peringkat teratas.
– Harga terendah dan tertinggi (bid) yang diajukan pengiklan.
– Saran keyword yang relevan dengan kata kunci yang Anda masukkan.
Tabel forecast berisi kinerja kata kunci:
– Perkiraan jumlah klik per kata kunci.
– Perkiraan jumlah impression.
– Biaya pemasangan iklan tiap keyword.
– Estimasi CTR yang akan didapatkan.
– Rata-rata biaya per klik (average CPC).
– Perkiraan posisi iklan di hasil pencarian (average position).
Dapat menyimpan beberapa kata kunci dalam satu grup. Perkiraan performa keyword setahun kedepan.
Fitur refine keywords atau filter keyword pencarian brand maupun non-brand, ataupun keyword yang juga dicari oleh orang lain. Filter performa keyword berdasarkan device pencarian, seperti desktop, tablet, dan ponsel.
Filter pencarian keyword berdasarkan lokasi yang dapat dicocokkan dengan faktor lain, seperti konversi, klik, biaya iklan, dll.

Dengan banyaknya informasi yang disediakan, Google Keyword Planner bisa membantu Anda memperkirakan mana keyword yang potensial untuk digunakan. 

Namun, sebaiknya Anda tidak mengandalkan Google Keyword Planner saja, tapi juga menggunakan keyword tool lain agar mendapatkan hasil riset lebih maksimal.

Nah, agar penggunaan tool ini lebih maksimal, kami telah merangkum Cara Menggunakan Google Keyword Planner [Terlengkap] untuk Anda.

4. Google Search Console

keyword tool gratis google search console

Google Search Console adalah tool gratis keluaran Google untuk memonitor kinerja website dan cukup efektif untuk melakukan riset keyword.

Dengan tool ini, Anda dapat melihat laporan performa keyword pada semua konten. Misalnya, seberapa banyak klik yang dihasilkan konten pada setiap kata kunci, melihat posisi keyword konten di mesin pencarian, dan lainnya.

Google Search Console pun mudah digunakan. Bahkan tool keyword ini dapat diintegrasikan dengan website WordPress Anda untuk bisa melakukan monitoring dengan mudah. 

Baca juga: Google Site Kit: Paket Lengkap Tools Google untuk WordPress Anda!

Keseluruhan laporan yang diberikan oleh Google Search Console akan Anda dapat pada tab Performance. Dan untuk riset keyword, Anda hanya perlu mengakses Queries

Di dalam Queries, terdapat daftar kata kunci yang Anda gunakan, lengkap dengan informasi berupa :

  • Jumlah klik ke website.
  • Impression.
  • CTR.
  • Posisi rata-rata website Anda di hasil pencarian.
fitur queries untuk riset keyword

Dengan data tersebut, Anda dapat mengukur efektivitas dan performa keyword yang digunakan. Anda pun bisa juga menemukan kata kunci baru untuk ide konten.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan filter. Misalnya, filter menurut posisi di hasil pencarian. Meski sederhana, fitur ini dapat menyaring keyword mana yang performanya kurang maksimal dan harus lebih dioptimasi.

Untuk memahami cara penggunaan yang lebih lengkap, silakan ikuti Panduan Lengkap Google Search Console.

5. Keywordtool.io

tool riset keyword keywordtool.io

Seperti namanya, Keywordtool.io adalah tool riset keyword yang dapat membantu menemukan ide kata kunci baru.

Tak perlu ragu dengan kemampuan tool ini. Sebab, semua data yang ditampilkan menggunakan resource dari Google. 

Tak heran kalau kemudian Keywordtool.io bisa menyediakan hasil long tail keyword yang cukup lengkap dan relevan dengan pencarian pengguna.

Lalu, apa keunggulan dari tool riset keyword ini? Kemampuan untuk menemukan kata kunci yang bahkan tidak terlihat oleh Google Keyword Planner

Itulah kenapa  tool ini dipercaya oleh instansi-instansi besar, seperti Uber, Philips, Harvard University, dll.

Hasil riset yang diberikan keywordtool.io bukan hanya pencarian Google saja. Namun juga platform lain seperti, seperti YouTube, Bing, Amazon, eBay, Play Store, Instagram, dan Twitter.

Format konten yang dapat dicek pun juga beragam, yaitu konten website, gambar, video, dan berita. Disediakan juga filter lokasi jika Anda menginginkan hasil riset yang lebih spesifik.

Ketika mencari sebuah kata kunci, tool akan otomatis menampilkan tabel riset yang berisi kumpulan keyword yang relevan, seperti ini:

hasil analsisi keyword di keywordtool.io

Nah, tiap kata kunci dilengkapi informasi seperti:

  • Search volume atau volume pencarian kata kunci.
  • Trend atau statistik pencarian keyword.
  • Cost-Per-Click (CPC) atau estimasi biaya iklan di Google Ads.
  • Skor kompetisi atau tingkat kesulitan menang di peringkat teratas.

Informasi utama seperti volume dan tingkat kesulitan tentu dapat membantu konten Anda makin cocok dengan keyword yang diincar.

Baca juga: 7+ Tips Iklan di Google Ads (Google AdWords) [Terlengkap]

Sementara itu,  informasi trend memudahkan Anda menemukan statistik performa kata kunci dalam setahun terakhir

statistik trend di keywordtool.io

Keywordtool.io memperbolehkan Anda melihat hingga 750+ long tail keyword untuk setiap kata kunci dengan informasi singkat

Kalau ingin informasi lengkap dan mendapatkan fitur unggulan seperti analisis kompetitor, search volume, data CPC yang lebih detail, terdapat opsi berbayar mulai dari USD 69 hingga USD 159 per bulan.

download gratis ebook membongkar 10 mitos seo yang merugikan website Anda

6. Ubersuggest

keyword tool ubersuggest

Di dunia SEO, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Ubersuggest. Tool ini memiliki salah satu fitur unggulan untuk riset keyword, yaitu Keyword Analyzer.

Keyword Analyzer dari Ubersuggest sendiri memiliki empat fitur utama, yaitu:

  • Keyword Overview
  • Keyword Ideas
  • Keyword List
  • Content Ideas

Untuk menggunakan Ubersuggest, Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci incaran dan setting filter lokasi. Lalu, Anda akan diarahkan ke halaman Keyword Overview yang berisi informasi:

  • Search volume atau jumlah pencarian kata kunci tertentu dalam sebulan
  • Tingkat kesulitan atau kompetisi SEO pada kata kunci incaran Anda
  • Estimasi kompetisi paid search
  • Rata-rata CPC
  • Statistik data historis perkembangan keyword dalam kurun satu tahun
  • Perbandingan hasil pencarian dari desktop dan mobile
  • Jumlah klik keyword dari hasil SEO
  • Hingga rata-rata umur pencari kata kunci
statistik search volume keyword ubersuggest

Ketika digulir ke bawah, Anda akan menemukan Keyword Ideas, yang menampilkan daftar keyword yang relevan dengan kata kunci yang Anda cari. 

Bahkan, informasi tersebut lengkap dengan volume pencarian, CPC, paid dan SEO difficulty. Sehingga, Anda dapat menyusun strategi, misalnya keyword apa yang masih potensial dan melihat seberapa besar persaingan.

fitur keyword ideas ubersuggest untuk mendapatkan ide kata kunci baru

Seperti contoh di atas, dari keyword “digital marketing” terlihat Ubersuggest memberikan 11 rekomendasi keyword teratas, 4.983 kata kunci yang relevan, dan dropdown hasil pencarian real time di Google. 

Dengan data tersebut, Anda dapat mengukur performa pencarian keyword, mengetahui siapa website saingan Anda, apa saja keyword alternatif untuk mendapatkan peringkat teratas, dll.

Selanjutnya, ada fitur Content Ideas. Anda akan mendapatkan list konten yang menggunakan kata kunci yang Anda cari. 

fitur content ideas ubersuggest

Informasi yang diberikan cukup lengkap, yaitu:

  • Judul konten 
  • URL website
  • Estimasi kunjungan
  • Jumlah backlink
  • Jumlah share di media sosial

Semua informasi tersebut bisa Anda gunakan untuk merancang sebuah konten yang relevan bagi pembaca dan lebih baik dari kompetitor.

Baca juga: 7+ Tools Backlink Checker Gratis Terbaik 2021

Ubersuggest juga memberikan satu fitur baru, yaitu Keyword Lists. Anda dapat menyimpan keyword incaran, riset pun lebih terorganisir dengan kumpulan data lengkap dalam satu halaman.

fitur filter keyword ubersuggest

Keyword Analyzer milik Ubersuggest bisa Anda gunakan  secara gratis, tapi dengan beberapa batasan. Namun, untuk mengakses fitur Keyword Lists, Anda perlu  berlangganan versi berbayar. 

Anda dapat berlangganan Ubersuggest mulai dari USD 12 hingga USD 40 per bulan untuk mendapatkan akses penuh atas semua hasil riset keyword di tool tersebut. 

Tertarik menggunakan keyword tool yang satu ini? Cek dulu Cara Menggunakan Ubersuggest untuk Riset Keyword SEO termudah yang telah kami rangkum.

7. Ahrefs Free Keyword Generator

ahrefs keyword tool

Ahrefs sebenarnya adalah sebuah tool SEO lengkap yang menawarkan fitur premium. Namun, Ahrefs memiliki Free Keyword Generator sebagai keyword tool gratis yang bisa Anda coba.

Sebagai keyword tool, Ahrefs memungkinkan Anda untuk mencari ide keyword baru, melihat metrik performa SEO dari kata kunci tertentu, mengidentifikasi long tail keyword, menganalisis kompetitor, dan lainnya.

fitur analisis keyword ideas ahrefs

Namun, informasi yang ditampilkan dalam versi gratis masih sangat terbatas. Ahrefs hanya akan memberikan 100 keyword yang relevan, beserta tingkat kesulitan keyword, volume pencarian, dan waktu terakhir keyword di update.

Sedangkan, data analisis pada akun Pro akan memberikan hasil lebih lengkap seperti :

  • Matching terms – Menampilkan ide kata kunci yang berisi keyword Anda
  • Related terms – Mencocokkan kata kunci yang berhubungan
  • Search suggestions – Laporan saran keyword di kata kunci incaran
tampilan overview keyword tool ahrefs pro

Untuk mengakses data lengkapnya, Anda perlu melakukan langganan berbayar mulai dari USD 99 hingga USD 999.

8. Wordtracker

keyword tool wordtracker

Mau keyword tool dengan tampilan sederhana dan intuitif? Coba dulu Wordtracker

Dengan mengetikkan keyword di kotak pencarian Wordtracker, Anda akan mendapatkan data utama seperti berikut:

hasil analisis keyword wordtracker

Anda akan langsung mendapat informasi volume pencarian, tingkat kompetisi, dan tren pencarian kata kunci tersebut.

Bahkan, di saat sama, Anda akan mendapatkan informasi kata kunci lain yang relevan. Misalnya pada contoh di atas adalah seo is, website with seo, seo marketing, seo as a service, dan lainnya.

Eits, bukan hanya itu, Wordtracker juga terbukti intuitif karena di halaman sama Anda bisa:

  • Memilah saran keyword yang masih berhubungan dengan keyword yang dicari
  • Memiliki filter lokasi untuk pencarian yang lebih tepat sasaran
  • Menggunakan Fitur import kata kunci, jika Anda sudah memiliki file keyword untuk dicari
  • Menggunakan Fitur eksport atau download data riset kata kunci, sehingga riset dapat berjalan meski offline
  • Membuat daftar keyword incaran
  • Memasukkan kata kunci tertentu dengan include keyword
  • Mengecualikan kata kunci dengan exclude keyword

Selain itu, Wordtracker mengklaim lebih dari sekadar keyword tool, melainkan market research tool. Yang artinya, Wordtracker juga dapat melakukan riset untuk kebutuhan bisnis, seperti Ads, PPC, dan lainnya.

Sama seperti Google Keyword Planner, Wordtracker juga menyajikan data keyword dalam konteks paid search dan SEO secara bersamaan. Namun, terdapat beberapa perbedaan yang menjadikan keyword tool ini lebih unggul:

perbandingan fitur wordtracker dengan Google Keyword Planner

Nah, untuk melihat data keyword baik PPC dan SEO, Wordtracker menyediakan toggle yang dapat Anda pilih. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan dua data keyword dalam satu halaman sekaligus, sehingga mempercepat proses riset.

opsi analisis ppc atau seo dari wordtracker

Selain itu, Wordtracker juga menyediakan statistik performa keyword pada kolom historical. Ketika di klik, akan muncul pop up box spesifik yang menunjukkan peringkat URL dalam setahun terakhir.

statistik wordtracker untuk melihat performa keyword

Baca juga: Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Google Ranking? (Edisi 2021)

Uniknya, Anda dapat mengatur batas tiap data secara manual, sehingga mempermudah riset keyword sesuai kebutuhan. Misalnya, Anda bisa mencari keyword dengan tingkat kompetisi sedang, atau volume pencarian diatas 1000, dan lain sebagainya.

filter detail untuk mendapatkan keyword lebih spesifik di wordtracker

Versi gratis Wordtracker, memberikan Anda kesempatan 10 kali pencarian keyword, dengan hasil 50 keyword relevan yang ditampilkan. Sisanya, baru dapat diakses dengan akun berbayar, mulai dari USD 27 hingga USD 99.

donwload gratis ebook rahasia mendapatkan jutaan traffic ala niagahoster blog

9. KWFinder

KWFinder keyword tool untuk mencari long tail keyword

Sejak kemunculannya di 2014, KWFinder terus berkembang hingga menjadi salah satu keyword tool dengan tingkat akurasi tinggi. Tak heran, tool ini menjadi andalan oleh berbagai perusahan besar. Sebut saja Airbnb, Adidas, Alexa, dan lainnya.

KWFinder merupakan keyword tool keluaran Mangools (SEO tool) yang memiliki kemampuan untuk:

  • Mengidentifikasi keyword yang potensial, dengan database sebesar 2,5 miliar keyword
  • Mengecek keyword kompetitor yang ranking di mesin pencarian
  • Menampilkan volume pencarian dalam statistik historis
  • Memberikan informasi seputar local keyword dan analisis SERP

Untuk melakukan riset, Anda dapat memasukkan keyword atau domain pada kotak pencarian KWFinder, dan menentukan lokasi pencariannya. Pastikan Anda sudah memiliki akun yang bisa dibuat secara gratis.

hasil analisis keyword KWFinder

Dengan contoh kata kunci “search engine optimization” di atas, Anda akan mendapatkan hasil dua metrik, yaitu tabel kata kunci yang relevan dan SERP overview.

Pada SERP Overview, terdapat analisis search volume pada keyword yang Anda cari dalam 6 tahun terakhir. Pada contoh ini, volume dari search engine optimization adalah 2900.

analisis SERP overview dari KWFinder

Lebih jauh, Anda akan tahu tingkat kesulitan kata kunci di atas yaitu 28, berarti tidak terlalu sulit. Dan, Anda akan tahu contoh konten yang memiliki peringkat atas lengkap dengan informasi:

  • Domain Authority
  • Page Authority
  • Backlinks
  • Share media sosial 

Selain itu, Anda akan mendapatkan informasi related keyword, Anda dapat mengukur kekuatan kata kunci dengan informasi, seperti:

  • Trend – Volume pencarian kata kunci dalam satu tahun terakhir.
  • Search – Rata-rata jumlah pencarian per bulan, Anda dapat memilih rentang data antara 12 bulan, 6 bulan, atau 3 bulan.
  • CPC – Estimasi bid (cost per click) di Google Ads, dapat mengubah mata uang menjadi IDR.
  • PPC – Level kompetisi dalam PPC (pay per click) di Google Ads.
  • KD – Tingkat kesulitan untuk ranking di kata kunci tersebut. Dihitung berdasarkan profil kekuatan URL pada peringkat pertama.
mengukur kekuatan kunci dengan tabel keyword KWFinder

Bagi Anda yang fokus pada upaya SEO, Anda cukup memperhatikan statistik search volume di setiap kata kunci yang relevan dan tren yang terjadi sehingga dapat:

  • Melihat mana keyword yang potensial dalam jangka panjang.
  • Menentukan kata kunci yang bersifat musiman atau seasonal.
  • Membaca mana keyword yang mengalami penurunan.

Sedangkan bagi yang ingin riset keyword untuk iklan, Anda bisa memperhatikan informasi CPC dan PPC di setiap related keyword yang dimunculkan. 

Baca juga: Apa Itu SERP? Kenapa Penting Bagi SEO?

Ingin merasakan pengalaman riset keyword di tool ini? Anda diharuskan membuat akun terlebih dahulu. KWFinder memberikan kesempatan 10 hari free trial, dengan penggunaan terbatas setiap harinya.

Jika menginginkan data lebih detail, Anda dapat upgrade ke langganan berbayar. Keyword tool ini mematok harga mulai dari USD 29.90 hingga USD 79.90 per bulan.

10. SEMrush Keyword Tool

keyword magic tool SEMrush

SEMrush sebagai pemain lama di dunia tool SEO, juga memiliki beberapa fitur yang menunjang riset keyword. Salah satu yang utama yaitu Keyword Magic Tool.

Anda hanya perlu mengetikkan keyword diinginkan, setting filter lokasi, dan mendapatkan data seperti berikut:

hasil analisis keyword tool SEMrush

Di dalam tabel hasil riset, terdapat beberapa data berisi :

  • Volume pencarian
  • Trend kata kunci
  • Keyword difficulty
  • Estimasi CPC dalam USD
  • Perkiraan kompetisi PPC
  • Fitur SERP, misalnya snippet, knowledge panel, site links, reviews, video carousel, dan lainnya
  • Jumlah URL dengan keyword tersebut
filter spesifik SEMrush

Ingin memfilter kata kunci yang lebih spesifik? Gunakan kata kunci lanjutan atau advance filters, yang meliputi word count, kompetisi, fitur SERP, dan hasil SERP.

Selain itu, SEMrush juga menampilkan data spesifik masing-masing keyword, seperti di bawah ini:

data keyword overview SEMrush

Dengan data tersebut, Anda bisa melihat konten kompetitor dengan kata kunci sama dan membuat konten yang lebih baik. 

hasil analisis SERP SEMrush

Sebagai keyword tool, versi gratis SEMrush sudah sangat cukup untuk membantu riset keyword. 

Namun, jika Anda memerlukan lebih dari fitur keyword tool, terdapat beberapa paket langganan berbayar yang Anda pilih. Mulai dari USD 119.95 hingga USD 449.95 per bulan.

11. Soovle 

keyword tool Soovle untuk riset keyword dari beberapa plaform sekaligus

Keyword tool andalan berikutnya adalah Soovle. Tool ini dapat membantu Anda mencari kata kunci dari berbagai platform secara bersamaan. Setidaknya terdapat tujuh platform, yaitu: 

  • Google;
  • Amazon;
  • Yahoo;
  • Bing;
  • YouTube;
  • Answers;
  • Wikipedia.

Ketika mengetik suatu kata kunci di kotak pencarian, Soovle secara otomatis mengumpulkan keywords yang relevan dan paling sering dicari di masing-masing platform, seperti contoh di bawah ini:

contoh hasil analisis keyword tool Soovle

Jika Anda mengoptimasi keyword di berbagai platform yang berbeda, Soovle cukup efektif Anda gunakan. Alasannya, dengan tool ini Anda bisa merasakan beberapa manfaat, yaitu:

  • Bisa melakukan pencarian keyword bersamaan di beberapa platform secara real time dan cepat.
  • Dapat membandingkan mana keyword yang paling potensial di masing-masing platform 
  • Mengukur seberapa banyak pencarian kata kunci di masing-masing platform.
  • Dapat menyusun strategi SEO yang berbeda sesuai kata kunci platform.
  • Memunculkan long tail keyword teratas di masing-masing platform secara real time.
fitur minimalis Soovle

Selain itu, terdapat beberapa fitur lain yang bisa manfaatkan. Misalnya, mengirim data keyword otomatis ke email, print data keyword, menyimpan di web Soovle, atau melihat performa keyword di Google Trends.

Namun, nampaknya Soovle masih memiliki beberapa kekurangan, seperti:

  • Hasil kata kunci tidak terlalu banyak
  • Informasi yang diberikan kurang begitu lengkap, seperti volume pencarian, trend pencarian, kompetisi, dan lainnya
  • Hanya menyediakan informasi mentah berupa kata kunci yang relevan beserta hasil SERP
  • Tidak menyediakan filter lokasi, sehingga hasil keyword yang didapat kurang spesifik

Untuk itu, tool ini cocok Anda gunakan di tahap awal riset keyword. Misalnya, mencari ide kata kunci, melihat long tail keyword yang potensial, dan lainnya.

Jadi, agar lebih menunjang riset kata kunci, sangat disarankan untuk menggunakan bantuan keyword tool lainnya.

12. WordStream

WordStream keyword tool gratis

Keyword tool terakhir yang dapat menjadi pertimbangan adalah WordStream. Tool ini cocok bagi Anda yang membutuhkan riset keyword, terutama untuk kebutuhan Ads.

Salah satu hal yang diunggulkan keyword tool ini adalah kemudahan penggunaannya, cukup dengan tiga langkah, yaitu:

  • Mencari kata kunci baru.
  • Analisis keyword. 
  • Upload daftar keyword ke Google Ads.

Pada kolom pencarian utama, Anda dapat mencari kata kunci maupun URL, yang dilengkapi dengan filter industri domain dan lokasi.

Misalnya, ketika memasukkan URL bisnis Anda, maka hasil riset akan spesifik menampilkan hingga 500 kata kunci yang relevan.

hasil analisis keyword di WordStream

Nah, teknik ini juga dapat Anda lakukan untuk melihat keyword kompetitor. Tinggal masukkan URL pesaing dan Anda mendapatkan kata kunci yang potensial.

Sebagai alternatif Google Keyword Planner, tool ini menampilkan informasi yang cukup lengkap terkait paid search. Informasinya berisi volume pencarian, estimasi CPC, dan level kompetisi keyword.

Trik lain yang bisa Anda lakukan yaitu menginput domain kompetitor ke pencarian WordStream, dan volia! Anda dapat mengintip keyword apa yang digunakan oleh kompetitor.

Untuk versi website, akan dapat melihat 25 kata kunci teratas di halaman WordStream. Jika ingin mengakses keyword secara lengkap, Anda dapat mengirimnya secara otomatis ke email.

data keyword yang di download dari WordStream

Dalam sekali download, Anda akan diberikan dua file. Dokumen excel berisi keyword dan instruksi lengkap upload file tersebut ke Google Ads.

file download dari WordStream

Kabar baiknya, semua fitur WordStream dapat digunakan secara gratis. Lumayan kan, untuk membantu riset keyword?

Mana Keyword Tool Pilihan Anda?

Keyword tool akan memudahkan Anda dalam melakukan riset kata kunci, baik mencari kata kunci baru maupun melihat performa kata kunci yang sudah digunakan. 

Kami sudah memberikan rekomendasi 12 keyword tool gratis terbaik untuk dicoba. Jadi, Anda bisa lebih efektif mendapatkan kata kunci yang relevan dengan audiens agar lebih mudah menjadi nomor satu di hasil pencarian. 

Berikut rangkuman keseluruhan keyword tool, untuk memudahkan Anda dalam memilah tool mana yang ingin digunakan.

Keyword Tool Keunggulan Kekurangan  Harga
Google Keyword Planner – Menargetkan keyword untuk SEO dan paid search.
– Memiliki akses data kata kunci milik Google.
– Terdapat dua fitur utama: Discover New Keywords dan Get Search Volume and Forecast.
Hanya menampilkan hasil kompetisi antar pengguna Google Keyword Planner. Gratis.
Google Search Console – Andal dalam memonitor kinerja di ranah organik.
– Dapat diintegrasikan dengan WordPress.
– Melihat performa keyword.
Banyak istilah profesional, yang harus dipahami oleh pemula. Gratis.
Google Trends – Cocok digunakan oleh segala kalangan.
– Fitur komparasi beberapa kata kunci sekaligus.
– Menampilkan data keyword dari berbagai platform.
– Mudah digunakan.
Informasi yang tersedia masih terbatas. Gratis.
Google Search – Sangat dekat dengan penggunaan sehari-hari.
– Pencarian akurat.
– Memberikan long tail keyword.
Informasi yang didapatkan terbatas. Gratis.
Keywordtool.io – Menggunakan Google Autocomplete.
– Dapat menemukan 750+ long tail keyword untuk setiap kata kunci.
– Telah dipercaya banyak perusahaan besar.
– Cocok untuk bisnis dan SEO.
Informasi versi gratis sangat singkat. – Versi gratis terbatas.
– Pro: USD 69 – USD 159.
Ubersuggest – Memiliki fitur khusus, Keyword Analyzer.
– Tampilan intuitif dan sederhana.
– Informasi lengkap, baik SEO dan paid search.
– Memberikan ribuan keyword yang relevan.
– Biaya akun Pro lebih terjangkau dibanding keyword tool lain.
Fitur pada versi gratis tidak semua terbuka. – Versi gratis terbatas.
– Pro: USD 12 – USD 40.
Wordtracker – Mudah digunakan.
– Juga bekerja sebagai market research tool.
– Menyajikan data paid search dan SEO.
– Menyediakan statistik performa keyword.
Versi gratis terbatas 10 kali pemakaian. – Versi gratis terbatas.
– Pro: USD 27 – USD 99.
Sloove – Tampilan sederhana dan ringkas.
– Menyediakan data dari 7 platform sekaligus.
Informasi yang diberikan kurang lengkap. Gratis.
WordStream – Spesialisasi di bidang Google Ads.
– Terdapat filter industri domain.
– Dapat mendownload kumpulan keyword dan menguploadnya ke Google Ads.
Informasi hanya fokus pada paid search. Gratis.
KWFinder – Memberikan dua metrik sekaligus: tabel kata kunci yang relevan dan SERP overview.
– Memberikan statistik performa keyword secara historis.
– Terdapat fitur setting estimasi CPC ke IDR.
– Memberikan 10 hari free trial.
Dalam versi gratis, penggunaan harian terbatas. – Versi gratis terbatas.
– Pro: USD 29.90 – USD 79.90.
SEMrush Keyword Magic Tool – Memberikan informasi riset kata kunci lebih lengkap dibanding tool lain.
– Fitur filter yang spesifik.Tampilan intuitif.
– Terintegrasi dengan fitur SEO lainnya.
Harga versi Pro terbilang mahal. – Versi gratis terbatas.
– Pro: USD 119.95 – USD 449.95.

Anda dapat menggunakan satu atau lebih tool diatas, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Dengan begitu upaya SEO Anda dapat berjalan lebih optimal. 

Mau tahu lebih jauh tentang SEO? Download ebook gratis 30 Langkah Ampuh Optimasi SEO Terbaru di bawah ini!

The post Riset Keyword? Cek 11+ Keyword Tools Gratis Terbaik Ini! appeared first on Niagahoster Blog.



source https://www.niagahoster.co.id/blog/keyword-tools/
via Blogger https://ift.tt/3zATqFn
July 26, 2021 at 12:28PM
via Blogger https://ift.tt/3iLj03D
July 26, 2021 at 12:53PM
via Blogger https://ift.tt/36XChcO
July 26, 2021 at 03:53PM
via Blogger https://ift.tt/3iLEE88
July 26, 2021 at 06:53PM
via Blogger https://ift.tt/3eY4l48
July 26, 2021 at 09:53PM
via Blogger https://ift.tt/2VbYbGH
July 27, 2021 at 12:53AM
via Blogger https://ift.tt/36ZrjDH
July 27, 2021 at 03:53AM
via Blogger https://ift.tt/2US0b71
July 27, 2021 at 06:53AM
via Blogger https://ift.tt/3BNAghl
July 27, 2021 at 09:53AM
via Blogger https://ift.tt/3iP5OuJ
July 27, 2021 at 12:53PM
via Blogger https://ift.tt/2Wseb7Z
July 27, 2021 at 03:53PM
via Blogger https://ift.tt/3zD1LZh
July 27, 2021 at 06:53PM
أحدث أقدم

Comments

Featured Widget

close