Kamu seorang content creator atau pebisnis yang ingin videomu viral di TikTok? Supaya kontenmu banjir viewers dan like, kamu wajib tahu jadwal FYP TikTok terbaik untuk upload video.
Masih banyak yang belum tahu tips agar konten bisa masuk FYP TikTok adalah memperhatikan waktu yang tepat untuk mempostingnya. Untuk membantumu, cek jadwal jam FYP TikTok di bawah ini yuk!
Baca Juga: Cara Efektif Mendapatkan Uang dari TikTok yang Wajib Kamu Tahu
Apa itu FYP TikTok?
TikTok membawa fitur menarik pada aplikasinya, yaitu For You Page atau yang lebih dikenal dengan FYP. FYP adalah halaman rekomendasi TikTok yang muncul pertama kali ketika pengguna membuka aplikasi.
Halaman FYP menampilkan video-video pilihan yang viral dengan jumlah viewers tinggi. Konten-konten yang ada di FYP juga disesuaikan dengan minat dan kebiasaan masing-masing pengguna.
Baca Juga: Panduan Lengkap Iklan TikTok Ads untuk Bisnismu
Jadwal FYP TikTok Terbaru
Jadwal FYP TikTok tergantung dari berbagai faktor, misalnya dari demografi, lokasi, dan jam aktif audiens di wilayah tempat tinggal pengguna.
Nah, agar kontenmu semakin banyak dilihat orang, kamu perlu memperhatikan waktu terbaik untuk mempostingnya. Dilansir dari beberapa sumber, berikut jadwal jam FYP TikTok di Indonesia.
Kamu juga dapat menyimpan gambar berikut ini sebagai panduan kedepannya:
1. Senin: 12.00 – 13.00
Hari Senin biasanya banyak orang memiliki aktivitas yang padat. Jika berencana memposting video di hari Senin, waktu yang terbaik untuk melakukannya adalah saat istirahat jam makan siang, yaitu kisaran jam 12.00 – 13.00.
2. Selasa: 15.00 – 16.00 dan 19.00 – 21.00
Di hari Selasa, kebanyakan orang fokus menyelesaikan pekerjaan yang sudah disusun di hari sebelumnya. Hal ini menyebabkan waktu untuk membuka sosial media menjadi berkurang.
Maka itu, waktu yang tepat untuk mengupload video di hari Selasa adalah saat pulang bekerja atau istirahat. Prime time TikTok di hari Selasa adalah kisaran jam 15.00, 19.00, atau 21.00.
3. Rabu: 11.00 – 12.00 dan 20.00 – 21.00
Hari Rabu biasanya banyak orang mulai mencari hiburan / alternatif untuk mengusir kepenatan saat bekerja. Waktu yang tepat untuk memposting konten TikTok adalah di jam 11.00, dan juga saat malam hari di kisaran jam 20.00 – 21.00.
Baca Juga: Panduan Lengkap Content Marketing untuk Mengembangkan Bisnis
4. Kamis: 12.00, 16.00, 19.00, dan 21.00
Meski masih termasuk dalam hari produktif, di hari Kamis biasanya banyak orang cenderung lebih fleksibel dan mulai sering membuka sosial media. Beberapa waktu prime time di hari Kamis yang bisa kamu pilih adalah jam 12.00, 16.00, 19.00 hingga 21.00.
5. Jumat: 11.00 – 12.00 dan 19.00 – 22.00
Menjelang akhir pekan, biasanya banyak orang memiliki waktu yang lebih fleksibel. Waktu yang tepat untuk memposting konten TikTok di hari Jumat adalah pada istirahat siang jam 11.00 – 12.00 dan malam hari jam 19.00 – 22.00.
6. Sabtu: 09.00 – 11.00 dan 19.00 – 21.00
Hari Sabtu merupakan hari libur untuk mayoritas masyarakat. Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk mengunggah konten video di TikTok. Ada banyak pilihan waktu prime time di hari Sabtu, di pagi hari jam 09.00 – 11.00, dan malam hari jam 19.00 – 21.00.
7. Minggu: 07.00 – 11.00 dan 16.00 – 21.00
Khusus di hari Minggu, kamu bisa bebas mengupload konten di TikTok untuk mendulang banyak viewers. Minggu merupakan hari libur bagi banyak orang.
Waktu luang yang dimiliki pun semakin banyak dan potensi orang untuk scrolling di medsos akan meningkat. Secara umum, hampir semua waktu di hari Minggu bisa berpeluang besar untuk masuk FYP TikTok.
Baca Juga: Belajar Digital Marketing: Panduan Lengkap Belajar Dari Nol
Faktor yang Mendukung FYP TikTok
Setelah banyaknya spekulasi tentang algoritma FYP TikTok, akhirnya TikTok merilis pernyataan lewat situs resminya. Pernyataan tersebut menjelaskan bagaimana TikTok merekomendasikan video ke dalam For You Page (FYP) setiap penggunanya.
Baca Juga: Ingin Jadi Content Creator? Simak Penjelasan dan Tipsnya Di Sini!
Halaman FYP TikTok mencerminkan preferensi yang unik untuk setiap pengguna. Sistem akan merekomendasikan konten dengan memberikan ranking video berdasarkan kombinasi berbagai faktor yang mendukung.
Dilansir dari TikTok, rekomendasi video yang masuk dalam FYP dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk hal-hal berikut:
Interaksi pengguna
Faktor pertama yang mendukung FYP TikTok adalah user interaction dalam aplikasi. Akun yang kamu ikuti, video-video yang kamu sukai, komentari, dan bagikan akan mempengaruhi konten-konten yang disajikan dalam FYP-mu.
Informasi video
Hashtag, latar musik, dan caption adalah bentuk informasi video di TikTok yang dapat membantu sebuah konten masuk ke halaman FYP. Menggunakan hashtag atau latar musik yang sedang tren dapat memicu perhatian algoritma TikTok.
Baca Juga: 21 Usaha Sampingan Online Tanpa Modal yang Wajib Coba
Pengaturan akun
Penasaran, kenapa di FYP TikTok-mu lebih sering berseliweran konten-konten dari pengguna dalam negeri?
Hal ini karena pengaturan akun juga mempengaruhi algoritma TikTok untuk menampilkan video yang masuk FYP. Pengaturan seperti lokasi, negara, pemilihan bahasa, dan jenis perangkat berperan dalam mengkurasi video-video yang ditampilkan.
Namun, faktor ini tidak terlalu mengambil peran besar untuk membatasi konten masuk FYP. TikTok tetap memberi kesempatan para kreatornya untuk menjangkau audiens secara global.
7 Cara agar Konten Video Masuk FYP TikTok
Menggunakan hashtag dengan benar
Menggunakan hashtag dapat membantu kontenmu dilihat oleh audiens yang mencarinya. Ada beberapa tips dalam menggunakan hashtag yang bisa kamu ikuti:
- Pilih hashtag yang relevan dengan konten
- Gunakan hashtag yang sedang populer dan yang kurang populer dalam postingan
- Memakai trending hashtag di niche kamu
- Berpartisipasi dalam hashtag challenge
- Gunakan #fyp atau #ForYou
Tak ada salahnya jika kamu memakai hashtag yang sedang populer agar postinganmu makin dilihat banyak orang. Namun, jangan lupa tetap gunakan hashtag yang masih relevan dengan niche konten ya!
Baca juga: Cara Download Video Instagram Reels ke Galeri HP
Buat video singkat dan menarik audiens dari awal
Di TikTok, terdapat faktor video completion rate yang mendukung ranking konten agar masuk FYP. Singkatnya, faktor ini mengukur performa konten dari segi seberapa banyak konten kamu ditonton hingga selesai.
Semakin banyak orang yang menonton videomu sampai selesai, semakin tinggi pula nilai completion rate yang dimiliki. Artinya, besar kemungkinan orang menonton videomu sampai habis apabila durasi konten yang kamu buat semakin pendek.
Untuk mencapai completion rate yang bagus, kamu perlu memikirkan bagaimana membuat konten yang singkat, namun menarik perhatian audiens dari awal. Contoh yang bisa kamu ikuti ialah membuat video seamless loop.
Baca Juga: Ukuran Feed Instagram Terbaik untuk Post, Stories, Reels, dan IGTV
Mengikuti tren di TikTok
Pernah tahu tips dan lifehacks dari TikTok? Atau kamu mungkin sangat familiar dengan lagu-lagu yang populer dari TikTok?
TikTok memang dikenal sebagai aplikasi yang cepat menyebarkan tren dan membuat konten menjadi viral. Dengan mengikuti tren yang ada, kamu tidak akan kehabisan ide untuk membuat konten TikTok. Ini adalah salah satu tips agar kontenmu makin menarik.
Tulis caption yang menarik
TikTok membatasi penulisan caption ke dalam 150 karakter saja. Ini sudah termasuk hashtag yang kamu tulis ke dalam caption. Solusinya, buatlah judul singkat yang menarik perhatian dan mengandung ajakan.
Contoh caption yang bisa kamu terapkan adalah dengan mengajukan pertanyaan, atau menimbulkan rasa penasaran. Jangan lupa tambahkan ajakan untuk like, komen dan share kontenmu ke pengguna lainnya.
Baca Juga: 11 Aplikasi Edit Video Terbaik di Android, Cocok untuk Pemula
Memposting di jam prime time
Kamu tentu ingin konten yang sudah dibuat semenarik mungkin bisa memiliki banyak viewers dan engagement ‘kan?
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memposting konten di jam-jam aktif audiens berpeluang meningkatkan viewers. Maka itu, mengikuti jadwal FYP TikTok adalah salah satu cara yang tepat untuk kamu lakukan.
Menggunakan lagu yang sedang tren
Meski belum ada fakta yang mengonfirmasi cara ini, menggunakan musik yang sedang tren dipercaya dapat membantu meningkatkan popularitas sebuah konten.
Ketika membuat video di TikTok, klik menu Add Sound di sisi atas. Di bagian Playlist, kamu bisa menemukan lagu / audio rekomendasi yang sering digunakan kreator lainnya sesuai dengan niche kontenmu.
Berinteraksi dengan kreator lain
Berinteraksi dengan creator lain adalah salah satu cara mengembangkan akun TikTok yang kamu kelola. Kamu bisa mendapat keuntungan dari menjalin koneksi dengan TikTok-ers yang memiliki niche yang sama.
Terlebih lagi, kamu dapat melakukan kolaborasi dengan mereka supaya menghasilkan konten-konten yang menarik. Kontenmu juga bisa dilihat oleh audiens kreator yang berkolaborasi denganmu, dan sebaliknya.
Baca Juga: Panduan Terlengkap Social Media Marketing bagi Pemula
Sudah tahu Jadwal FYP TikTok yang Terbaik?
Itu dia jadwal FYP TikTok yang bisa membantumu mengetahui waktu terbaik untuk memposting konten agar mendapat banyak viewers.
Perlu kamu ketahui, tidak ada cara yang menjamin sebuah konten dapat langsung viral. Namun, mengikuti jadwal memposting dan tips di atas bisa menjadi solusi terbaik untuk dicoba. Intinya, kamu harus rajin mengeksplor untuk mengetahui cara mana yang berhasil untukmu. Semoga sukses dan selamat berkarya!
The post Jadwal FYP TikTok 2022 untuk Upload Video appeared first on Blog Dewaweb.
Blog Dewaweb https://ift.tt/3Bc2Xnn