Setiap barang, jasa, atau produk yang dijual pasti melakukan strategi iklan agar lebih dikenal banyak orang dan banyak yang membeli, tapi ternyata iklan ini dibagi menjadi beberapa jenis. Nah, pada artikel ini kamu akan lebih tahu jenis-jenis iklan yang seringkali digunakan. Sehingga ketika kamu sendiri akan membuat iklan untuk produkmu bisa memilih mana yang paling cocok.
Yuk, simak berikut ini!
Apa Itu Iklan?
Sebelum masuk ke jenis-jenis iklan, mari kita ulas sedikit pengertian iklan itu sendiri. Iklan adalah bentuk pesan strategi promosi bisnis sebuah produk atau jasa yang menggunakan media tertentu tergantung dengan target pasar dan niche market-nya.
Iklan dibuat agar audiens tertarik dan mendorong mereka untuk membeli produk atau jasa kamu. Nah, salah satu faktor keberhasilan iklan sebuah produk tergantung pada metode atau jenis yang digunakan. Maka dari itu sebelum kamu mengiklan produk, yuk ketahui dulu jenis-jenisnya.
Jenis-jenis Iklan
Berikut ini terdapat beberapa jenis iklan yang bisa kamu pelajari dan praktekkan nantinya.
Jenis Iklan Berdasarkan Isinya
Di bawah ini adalah beberapa jenis iklan berdasarkan isi di dalamnya.
Iklan penawaran
Iklan yang bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa ke masyarakat agar mereka tertarik untuk membeli dan menggunakannya. Misalnya seperti produk sepatu, tas, baju, dan yang lain. Sedangkan untuk jasa seperti jasa ojek online, jasa konsultan, dan sebagainya.
Iklan layanan masyarakat
Iklan jenis ini biasanya berasal dari sebuah lembaga, instansi atau komunitas. Yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terhadap suatu hal tersebut, misalnya iklan bahaya narkoba, iklan pajak dan yang lainnya.
Pengumuman
Iklan jenis ini berisi himbauan untuk masyarakat dan biasanya bersifat mengajak misal seperti iklan event, lomba dan masih banyak lagi.
Permintaan
Jenis iklan ini biasanya dibuat atas permintaan pribadi, lembaga atau instansi yang ingin informasinya dimuat dan diketahui banyak orang. Misalnya seperti iklan lowongan pekerjaan.
Berikutnya terdapat jenis iklan berdasarkan media yang memuat.
Baca Juga: Panduan Lengkap Membuat Iklan di Instagram Ads dari Nol
Jenis Iklan Berdasarkan Medianya
Di bawah ini adalah beberapa jenis iklan berdasarkan media yang digunakan untuk menayangkannya.
Elektronik
Iklan yang disampaikan melalui media elektronik, misalnya iklan radio yang fokus pada audio dan iklan televisi yang fokus pada video dan audio.
Media Cetak
Jenis iklan yang dibuat dengan cara dicetak dan setelah itu biasanya dibagikan ke masyarakat. Bisa berupa koran, selebaran, brosur, majalah dan yang lainnya.
Jenis Iklan Berdasarkan Tujuan
Berikut ini terdapat beberapa jenis iklan yang dibedakan berdasarkan tujuan penayangannya.
Iklan Komersial
Iklan komersial adalah iklan yang dibuat bertujuan untuk meningkatkan penjualan sehingga bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan. Misalnya seperti iklan minuman, makanan, handphone terbaru dan masih banyak yang lain.
Iklan Non-Komersial
Berbeda dengan yang sebelumnya, iklan ini tidak berfokus pada keuntungan penjualan, melainkan lebih ke memberikan informasi pada masyarakat tentang sebuah isu. Misalnya iklan cara menjaga protokol kesehatan dalam musim pancaroba.
Baca Juga: 12 Tips dan Strategi Marketing Instagram untuk Bisnis Anda
Iklan Berdasarkan Bentuk Penyampaiannya
Berikut ini adalah jenis iklan dibagi berdasarkan bentuk penyampaiannya:
Iklan Spot
Merupakan iklan berdurasi singkat yang biasanya ditayangkan di radio dan televisi. Dengan menggabungkan antara suara, gambar dan musik.
Iklan kolom dan baris
Iklan kolom dan baris adalah jenis iklan yang dimuat di media cetak berdasarkan luas kolom dan panjang kalimat iklan tersebut. Iklan kolom dan baris biasanya dibuat dengan memadukan kalimat dan beberapa gambar yang relevan.
Adlib
Iklan yang disampaikan dengan cara membaca atau diucapkan penyiar di radio atau televisi. Kelebihan iklan adlib yaitu dikemas dengan cara mengobrol sehingga audiens biasanya tidak mengira jika itu adalah sebuah iklan.
Advertorial
Advertorial atau advertising-editorial merupakan iklan yang penyajiannya lebih lengkap dan detail bahkan menyerupai berita. Sehingga penjelasan tentang produk atau jasa yang diiklankan lebih jelas.
Sponsor
Iklan yang dilakukan dengan cara membeli atau menyewa space dan slot waktu dari sebuah media. Mulai dari 30 menit atau lebih.
Penutup
Nah, itulah empat jenis iklan yang dibedakan berdasarkan isi, media, tujuan, dan bentuk penyampaiannya. Dalam membuat iklan, kamu harus memilih jenis mana yang paling sesuai dengan produk dan target pasar kamu. Selain itu, faktor penting lainnya dalam sebuah iklan yaitu copywriting yang dapat menarik konsumen, maka dari itu kamu juga harus mempelajarinya.
The post Jenis-jenis Iklan dan Contoh Penerapannya appeared first on Blog Dewaweb.
Blog Dewaweb https://ift.tt/jlusq3e